Senin, 27 Desember 2010

PERBANDINGAN ANTARA REPEATER, HUB, SWITCH, BRIDGE, DAN ROUTER.

*REPEATER

Yaitu Komponen suatu jaringan yang ada pada sebuah LAN berfungsi untuk menguatkan sinyal/data, juga dapat digunakan untuk sinyal analog maupun digital untuk penggunaan tranmisi jarak jauh. Biasanya di perlukan untuk Ethernet Card yg hanya mampu menjangkau jarak pendek.




*HUB

Suatu perangkat komputer digunakan untuk menghubungkan antar komputer yang ada di pada sebuah LAN, HUB digunakan untuk sebuah bentuk jaringan sederhana. Hub terbatas hanya sampai 10 sampai dengan 16 koneksi saja. contoh kecil nya sekarang sudah banyak terdapat pada warnet.


*SWITCH

Sebuah alat yang menyaring dan melewatkan paket yang ada pada sebuah LAN. Switch bekerja pada layer data Link (layer 2) dan terkadang di network Layer (Layer 3) berdasarkan OSI Layer Model. Fungsi switch hampir mirip dengan HUB, tapi switch mempunyai kemampuan mendeteksi alamat komputer yang akan di tuju. Jelas swicth lebih aman dan lebih cepat. Dengan kemampuan switch harganya lebih mahal di banding hub.


*BRIDGE

Berfungsi meningkatkan jaringan karena dapat mengatur trafik jaringan dalam segmen yang kecil. Dibandingkan dengan Router , Bridge mempunyai kecepatan yang lebih tinggi.



*ROUTER


Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. perbedaanya, router menyaring lalu lintas data. Penyaringanya dilakukan bukan melihat alamat paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger